Sabtu, 18 Juli 2009

Tips Untuk Membantu Anda Tetap Kurus, Selamanya!Part 1

Arti diet yang sebenarnya adalah pola makan, tetapi kita seringkali salah kaprah dan mengartikan diet sebagai mengurangi jatah makanan untuk menurunkan berat badan. Seringkali diet menjadi momok bagi banyak orang, tetapi, dengan melakukan 12 penyesuaian terhadap gaya hidup, anda bisa menghindari diet keras dan kelaparan untuk selamanya.hehe

Mau mencoba?ayo, Lakukan tips ini untuk menjaga berat badan kita:

TIPS 1: Jangan Makan Karbohidrat Tanpa Asupan Lainnya
Selama kita melakukan cukup latihan dan tidak makan terlalu banyak, tidak ada salahnya mengkonsumsi karbohidrat, tapi jika kita makan karbohidrat saja tanpa asupan lain, kita benar-benar mencari masalah. Karbohidrat yang dikonsumsi tanpa asupan lain seperti serat (buah-buahan dan sayur-sayuran) atau protein, akan diserap tubuh dengan sangat cepat dan diubah menjadi glukosa. Kondisi ini akan mengakibatkan kenaikan kadar insulin sehingga nafsu makan kita akan bertambah dan memperlambat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa protein membantu memperlambat konversi karbohidrat menjadi glukosa. Jadi kita seharusnya mengkonsumsi karbohidrat dengan protein di dalam semua makanan, baik makan besar maupun kecil.

TIPS 2: Jangan Makan Karbohidrat Lalu Tidur
Jika kita masih lapar sesudah makan malam, memakan camilan sebelum tidur bukanlah ide terbaik. Karena ketika kita tidur, maka metabolisme kita akan melambat, sehingga makan karbohidrat sebelum tidur dapat menyebabkan terbentuknya tumpukan lemak baru di perut. Lebih baik mengkonsumsi protein dalam jumlah kecil dan jangan mengkonsumsi karbohidrat 3 jam sebelum tidur. Tidur dalam keadaan kenyang dengan karbohidrat dapat mengganggu pelepasan GH atau growth hormone, hormon penting dalam proses pembentukan otot.

TIPS 3: Perbanyak Minum
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami dehidrasi akan mengalami penurunan tingkat metabolisme sebanyak 2%. Mungkin hal ini tidak terlihat signifikan, tetapi dalam jangka panjang, hal ini akan menentukan apakah kita akan terlihat seperti model binaraga atau pria tambun pemalas.

Penelitian lain juga menunjukkan minum setengah liter air akan menaikkan tingkat metabolisme sebanyak 30%. Tubuh kita terdiri dari 70% air, karenanya mengkonsumsi cukup air menjadi sangat penting untuk mempertahankan kinerja tubuh dan proses metabolisme. Selain itu, air juga dapat menahan nafsu makan. Banyak orang salah membedakan antara perasaan lapar dan kekurangan cairan, hal ini dapat membuat kita konsumsi makanan menjadi lebih banyak daripada yang seharusnya. Cobalah untuk minum setengah liter air berberapa kali sehari.

TIPS 4: Batasi Jumlah Lemak Jenuh
Lemak itu penting untuk kesehatan, tetapi lemak adalah sumber kalori tinggi. Perbandingannya adalah 9 kalori untuk satu gram lemak, dibandingkan dengan 4 kalori untuk 1 gram karbohidrat dan protein. Jadi jika kita benar-benar ingin kurus, kita harus mengurangi jumlah konsumsi lemak, khususnya lemak jenuh. Lemak jenuh penting untuk menjaga kadar testosteron dalam tubuh, tetapi mereka juga disimpan sebagai lemak tubuh. Kurangi jumlah lemak jenuh yang masuk, khususnya dari daging-dagingan yang tinggi lemak.

Konsumsilah lemak tak jenuh lebih banyak. Lemak tak jenuh baik karena lemak ini akan lebih mudah digunakan sebagai energi tubuh. Batasi konsumsi lemak kita agar tidak lebih dari 20%, dan perkirakan jumlah kalori yang kita makan dalam sehari.

TIPS 5: Minum Suplemen Protein
Jika kita adalah salah satu dari banyak orang yang sangat sibuk, mungkin saja sering lupa untuk makan. Melewatkan makan siang atau malam akan membuat kadar gula dalam darah menurun dan menghambat pertumbuhan otot kita. Salah satu cara untuk mengatasi kebiasaan buruk ini adalah dengan mengkonsumsi protein shake atau protein bar. Ini adalah solusi cepat bagi anda yang tidak punya banyak waktu. Suplemen protein akan memberi suplai asam amino untuk membentuk dan mempertahankan otot. Selain itu, protein membantu anda untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu kontrol terhadap konsumsi kalori.

TIPS 6: Jangan Lewatkan Sarapan
Sarapan lebih penting daripada makan siang dan makan malam. Kenapa? Karena energi dari sarapan tidak akan disimpan sebagai lemak tubuh tetapi dipergunakan untuk energi sehari-hari. Sarapan membantu kita mengontrol metabolisme dan mengurangi nafsu makan di siang hari. Melewatkan sarapan akan membuat kita cenderung makan berlebih pada saat makan siang dan makan malam. Makanlah menu sarapan yang sehat di pagi hari dan jangan pernah melewatkannya.

Sumber : sportindo.com

0 komentar:

Posting Komentar