Jumat, 28 Mei 2010

Bagaimana Berolahraga Saat Sedang Sakit?

Badan tidak enak, tetapi khawatir akan menghambat peningkatan latihan yang telah anda capai? Apa yang bisa dilakukan untuk mengejar waktu yang terbuang? Apa strategi terbaik untuk kembali pada kondisi latihan semula?

Hal pertama yang mesti diketahui adalah, ketika Anda sakit ada baiknya untuk mengambil cuti dari program latihan Anda. Istirahat dan nutrisi adalah resep utama untuk memulihkan penyakit apapun yang sedang Anda hadapi.

Jika Anda hanya mengalami flu ringan, tidak masalah untuk menjalani latihan asal dengan intensitas yang rendah seperti cardio ringan. Karena olahraga dapat melegakan hidung yang tersumbat dan memberi efek rileks serta meningkatkan imunitas tubuh. Namun, bila gejala flu disertai demam, disarankan untuk tidak berolahraga dulu, karena selain untuk menghindari penularan kepada orang lain, olahraga dalam kondisi seperti hanya akan memperlambat proses pemulihan.

Bagaimana mengembalikan kondisi seperti semula?

Tunggu setidaknya satu sampai dua hari setelah melewati masa terberat dari penyakit Anda.

1. Melakukan latihan ringan. Tujuannya untuk membuat latihan normal kembali mudah dilakukan. Jangan berharap untuk pergi keluar pada saat ini. Mulailah dengan versi interval yang lebih ringan atau latihan resistensi yang telah dimodifikasi. Jika melompat termasuk dari salah satu pilihan ini, maka Anda mungkin harus mencari penggantinya.

2. Pastikan Anda memiliki sesuatu untuk dimakan. Pernyataan ini penting, karena ketika kita sakit, selera makan kita berkurang, tapi tubuh kita perlu bahan bakar, tidak hanya untuk menjalani latihan ringan, tetapi juga untuk membantu tubuh Anda untuk pulih kembali. Pastikan Anda makan makanan yang tidak terlalu berat setidaknya satu jam sebelumnya.

3. Tetap terhidrasi: Sebelum, selama dan setelah. Ini sangat penting! Demam membakar cairan tubuh dan Anda akan kehilangan air dan cairan ekstra dari kulit, paru-paru dan saluran pencernaan jika terinfeksi dengan kuman usus.

Anda akan kehilangan cairan tubuh lebih banyak saat Anda berkeringat selama latihan. Jadi, ketika Anda baru sembuh dari sakit dan Anda mulai latihan lagi, sangatlah mudah untuk lupa minum.

4. Berhenti jika Anda merasa pusing – jangan berusaha untuk terus melanjutkanya.

5. Luangkan waktu ekstra untuk pendinginan. Pada akhir latihan Anda, lakukanlah peregangan ringan atau berjalan kaki santai.

Untuk mempercepat pemulihan, Anda harus dapat mengontrol dan memilih makanan apa saja yang tepat untuk mengisi tubuh Anda, seperti sup dan jus alami. Jangan terburu-buru untuk berolah raga selama masa pemulihan dari sakit. Ambil waktu selama beberapa minggu baru Anda kembali berolahraga seperti biasa. Pastikan untuk memberikan diri Anda waktu dan nutrisi untuk pemulihan dan Anda akan kembali fit sebelum Anda menyadarinya!

Jadi kesimpulannya, istirahat adalah hal yang penting. Berikan tubuh dan pikiran Anda istirahat setiap 8-12 minggu untuk pemulihan dan persiapan untuk program latihan berikutnya. Hal ini juga membantu untuk menghindari latihan saat sedang sakit seperti yang dijelaskan di atas. Dengan melakukan proses ini, Anda akan terhindar dari sakit untuk sementara dan saat Anda sedang sakit Anda dapat pulih lebih cepat.

sumber : duniafitness.com

0 komentar:

Posting Komentar