Sabtu, 30 Desember 2017

Tips-Tips Rapi Mendekorasi Ruangan-Ruangan Rumah Minimalis 2 Lantai

Jika berbicara masalah dekorasi, maka sama saja dengan proses mendesain ruangan. Proses yang sangat penting, dimana akan dilakukan sebagai rangkaian proses finishing. Untuk itulah mendekorasi rumah minimalis 2 lantai pun juga tidak kalah pentingnya.


Akan perbedaan yang akan kita temukan saat mendekorasi rumah berlantai satu dengan yang berlantai dua. Mendekorasi rumah lantai satu sudah biasa, namun untuk mendekorasi rumah berlantai dua agaknya memang sedikit sulit dan rumit, karena akan ada 2 lantai yang akan dijadikan objek dekorasi.

Untuk mendekorasi rumah tingkat ini, kita harus menyediakan ide yang lebih banyak daripada biasanya. Ide yang kita pakai akan kita aplikasikan di lantai 1 dan 2. Usahakan ada perbedaan antara keduanya.

Berikut adalah tips-tips untuk mendekorasi rumah tingkat yang disarankan :

1.      Menggunakan jasa arsitek

Ini penting dijadikan alternatif yang direkomendasikan, karena arsitek adalah orang yang ahli dalam mendekor ruangan. Hasilnya akan lebih rapi dan menarik sehingga akan memberikan kenyamanan tinggal. Seorang arsitek bisa menangani setiap detail ruangan ruangan. Tidak akan ada yang ketinggalan sedikit pun. Bagian-bagian sempit di sudut ruangan pun akan menjadi bagian yang fungsional di tangan para arsitek.

Apalagi jenis rumah tingkat yang didekorasi adalah jenis rumah minimalis yang menggunakan lahan sempit dan harus dijadikan hunian yang nyaman. Jika salah dekor, maka rumah akan terlihat sempit. Walaupun tingkat, tidak akan ada rasa nyaman yang dirasakan.
2.      Paham tentang prinsip desain interior

Ini penting, walaupun semua sudah diserahkan kepada arsitek atau desainer interior, tetapi kita harus memiliki pemahaman tentang garis besar desain interior. Yakni tentang pemilihan jenis cat, peletakkan dekorasi, serta tema dekorasi ruangan. Selain itu, kita juga bisa menyumbabgkan ide kita saat proses dekorasi dilakukan.

3.      Memilih keramik dan plafon dengan ukuran yang besar

Keramik yang dipilih ini sengaja yang berukuran besar untuk memberikan kesan ruangan yang luas. Kemudian plafon juga dipilih dengan ukuran besar, jika jenis plafonnya adalah kotak-kotak.

4.      Membuat sirkulasi udara yang bagus

Hal ini penting, karena rumah minimalis 2 lantai akan rawan pengap. Jika sirkulasi udara tidak dibuat dengan maksimal, maka ruangan di lantai pertama akan terasa kurang nyaman. Salah satu cara menyediakan sirkulasi terbaik adalah dengan memasang jendela-jendela tinggi. Jendela bisa di buat bersambung antar lantai satu dengan lantai dua. Ini kan memberikan kesan rumah yang menjulang tinggi.

5.      Menggunakan dekorasi secukupnya

Selain itu juga menggunakan dekorasi yang multifungsi, seperti bufet atau almari hiasan yang cukup diletakkan di lantai 1 saja. Tidak perlu ada di lantai 2.

6.      Tidak menggunakan banyak petakan ruangan-ruangan sendiri
Hindari menggunakan tembok pemisah setiap ruangan. Cukup menggunakan tembok untuk kamar saja. Untuk dapur dan ruang makan bisa dijadikan satu, ruang tamu dan ruang keluarga bisa dipisah dengan buffet, atau lainnya.

7.      Memastikan pencahayaan yang cukup

Di siang hari, pencahayaan menggunakan sinat matahari lewat jendela. Sedangkan untuk malam hari, pencahayaan didapat dari lampu. Usahakan jarak antara lantai dengan plafon adalah sekitar 3 meter, sehingga pencahayaan bisa merata.

8.      Memilih cat yang senada antara lantai 1 dan 2

Kalaupun temanya dibuat berbeda, namun usahakan masih satu alur.

Mendesain rumah minimalis dengan 2 lantai sebenarnya prinsipnya sama dengan mendesain rumah berlantai 1. Namun ada sedikit perbedaan sesuai dengan kondisi rumah tingkat yang lebih tinggi bangunannya.

Dengan dekorasi terbaik, rumah minimalis 2 lantai ini dijamin akan akan sangat nyaman untuk ditinggali. Rumah menjadi lebih luas, karena memiliki 2 lantai dan dengan penataan yang rapi.



0 komentar:

Posting Komentar