Minggu, 04 Maret 2018

Ulasan Tentang Macam-Macam Antibiotik


Antibiotik adalah suatu jenis obat obatan yang digunakan untuk mematikan bakteri  penyebab penyakit. Antibiotik bekerja dengan cara merusak struktur bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Lama kelamaan, bakteri akan gagal berkembang dan penyakit berangsur-angsur akan sembuh. Ada 11 macam-macam antibiotik yang digunakan di dunia kedokteran. Antibiotik  itu adalah Penicilin, cephalosporins, tetracycline, aminoglycosides, dan lain-lain.

Antibiotik merupakan obat yang sering digunakan oleh masyarakat di tanah air. Tetapi, masih banyak orang yang belum tahu kegunaan dan cara mengonsumsi antibiotik yang benar. Ulasan ini akan memberikan penjelasan tentang pengertian, manfaat, dan cara konsumsi antibiotik agar pengobatan Anda efektif dan tepat sasaran.

Tak semua penyakit bisa disembuhkan dengan antibiotik
Tidak semua penyakit bisa diobati oleh antibiotik. Penyakit yang bisa diobati oleh antibiotik adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau parasit. Beberapa penyakit yang biasa diobati oleh antibiotik adalah infeksi jaringan, radang selaput otak, pneumonia, penyakit menular seksual (PMS), infeksi mata, dan penyakit menular lain.

Antibiotik harus dihabiskan
Saat Anda diberikan Antibiotik, dokter selalu memberikan peringatan untuk selalu menghabiskan obat walaupun sudah merasa sembuh. Peringatan ini harus ditaati karena dokter menentukan jenis dan dosis antibiotik yang dibutuhkan.

Jika Anda tidak menghabiskan antibiotik yang diberikan bisa menyebabkan parasit yang masih hidup menjadi resisten terhadap antibiotik. Bakteri mempunyai kesempatan untuk beradaptasi dan menjadi lebih kuat. Hal ini mengakibatkan dosis dan jenis antibiotik yang dulu diberikan belum tentu bisa mengatasi bakteri pada kesempatan selanjutnya.

Konsumsi antibiotik sesuai resep dokter
Konsumsi obat antibiotik juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa obat yang jika dikonsumsi bersama dengan macam-macam antibiotik berkurang potensinya, atau berubah menjadi racun yang merusak tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi antibiotik bersamaan dengan obat lain, Anda dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

Misalnya Anda dilarang meminum antibiotik bersama dengan pil kontrasepsi. Antibiotik akan mengurangi kinerja dari pil tersebut. Anda juga tidak dianjurkan untuk membagi obat dengan orang lain. Hal ini karena kondisi fisik dan imunitas tubuh setiap orang berbeda.

Sehingga, mereka membutuhkan dosis yang berbeda satu sama lain. Waspada akan kemungkinan bahwa Anda mempunyai alergi terhadap Antibiotik yang diberikan oleh dokter.

Waspadai gejala alergi
Beberapa gejala yang menunjukkan bahwa Anda mempunyai alergi tertentu seperti mual, ruam dan gatal, sesak napas, dan sulit menelan makanan. Antibiotik juga bisa menyebabkan efek samping terjadi di tubuh. Ini karena kondisi imunitas tubuh setiap orang berbeda-beda. Efek samping yang biasa timbul berupa mual, diare, gangguan pendengaran, infeksi, kelainan darah dan pembentukan batu ginjal.

Mengenal macam-macam antibiotik lebih jelas bukan berarti Anda harus bergantung pada antibiotik setiap kali Anda sakit. Lebih baik jika Anda mencegah parasit dan bakteri yang berbahaya untuk masuk ke tubuh Anda. Satu cara untuk mencegah hal ini adalah untuk mencuci tangan setiap hari, dan Anda bisa memakai Lifebuoy sebagai sabun pilihan Anda.

Lifebuoy bisa membantu Anda untuk membasmi kuman yang ada di tangan. Sehingga Anda tahan dari segala macam penyakit yang berasal dari tangan Anda dan mengurangi biaya masuk klinik setiap kali Anda sakit. Mari jadikan mencuci tangan setiap beraktivitas menjadi kebiasaan sehari-hari Anda.


0 komentar:

Posting Komentar